Ujian Sekolah & Ujian Kehidupan

Published January 31, 2013 by Liza Nurrohmah

Hal yang terindah dalam hidup adalah ketika saya masih dalam pelukan Ibu. Dalam hari dan waktu penuh dengan nuansa kasih sayangnya. Memang hidup itu adalah sebuah ujian dan cobaan. Siapa yang mampu mengerjakannya dengan baik maka dia akan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Dalam ujian di bangku sekolah tentunya akan mendapatkan kelulusan dengan nilai yang amat sempurna jika mampu mengerjakan dengan baik.  Mampu mengerjakan dengan baik itu berawal dari usaha ataupun ikhtiar setiap saat dari yang bersangkutan, berdoa, juga ketekunan dan kesabaran dalam usaha sehari-harinya.

Begitu pula dengan kehidupan barangsiapa yang mau bekerja keras dalam hidupnya, terus berjuang dengan segala kemampuannya, mengumpulkan bekal akhirat dengan selalu menyalurkan segala bakatnya, segala kemampuannya dengan memperbanyak sedekah kepada yang memerlukan, berdoa dan berjuang karena Allah dan segala apa yang dilakukan karena Allah, maka alhasil akan mendapatkan kelulusan dengan sempurna yaitu sempurna melalui sirathal mustaqim, dan mendapatkan nilai kebahagiaan dan reward berupa surga yang didapat untuk selamanya.

Subhanallah……….hidup ini memang mudah bagi mereka yang mau bertaqwa dan memang terasa sulit untuk orang yang selalu menyombongkan diri dan tidak menganggap Allah itu ada bersamanya.

Tetapi terkadang semua itu berbalik arah,.,.,.,.,,yang beriman selalu saja mendapatkan kesulitan, sedangkan yang tidak pernah mau tahu tentang Allah ataupun Tuhannya mereka malah diberikan banyak limpahan rizki, diberikan kemudahan dan sebagainya.

Karena apa itu terjadi?

Ya…..karena Allah memang terkadang menyediakan surga dunia bagi orang-orang kafir, dimana itu digunakan sebagai alat bagi mereka untuk merasakan kenikmatan Allah yang digunakan Allah untuk mengujinya apakah tetap tidak sadar dengan siapa pemberinya ataukah sadar dengan Tuhan yang telah memberikan karuniaNya. Itu tergantung dari pribadi masing-masing. Dan intinya adalah bentuk ujian.

Begitupula ketika seorang hamba yang tekun beribadah terkadang masih saja ditimpa kesusahan dan penderitaan. Penderitaan seseorang itu, saya analisis berasal dari beberapa sebab, diantaranya:

1.Dari Tuhan. Termasuk ujian dari Tuhan, akankah orang yang ditimpa penderitaan itu memohon kepada Tuhannya ataukah kepada yang lain mbah dukun dan sebagainya.

2.Dari Manusianya sendiri. Karena manusianya yang tidak mau berusaha. Dalam artian mereka hanya mengandalkan doa saja. Padahal doa tidak disertai usaha itu namanya “mengemis”,sebaliknya usaha tidak disertai doa itu”komunis”.

3. Dari Orang Lain. Penderitaan itu dibuat oleh orang lain yaitu baik disakiti, dianiaya difitnah dan sebagainya yang membuat orang lain itu tersiksa.

Maka dari itu semua harusnya manusia tetap bertahan dengan keadaan sekarang, namun berusaha untuk terus melangkah dan berusaha untuk maju dan lebih baik. dengan terus berusaha…….berusaha…..berusaha…..dan berusaha.

Kata-kata motivasiku ” Aku Bisa…….Aku Mampu…..Aku Sukses …….”

Hidup adalah perjuangan dan perjuangan adalah ambisi untuk meraih kesuksesan.

Get’s spirit for all.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: