Published February 1, 2013 by Liza Nurrohmah

 

Dosen yang Baik Versi Aku

 

Sudah hampir dua tahun aku mengenyam bangku perkuliahan di universitas swasta tempat aku tinggal. seringkali aku berusaha untuk mengamati bagaimana cara mengajar dari masing-masing dosen. Diantaranya :

1. Ada yang mengajar dimulai dengan kultum terlebih dahulu. dimana 7 sampai 10 menit dosen itu kultum baru masuk ke perkuliahan atau ke materi yang telah direncanakan. Kemudian dalam dalam mengajar beliau sering memancing mahasiswa untuk turut aktif dalam perkuliahannya dan memberikan seluruh mahasiswanya untuk bersuara atau turut aktif dalam perkuliahannya.Bahkan mahasiswa yang biasanya tidak pernah aktif atau hanya berdiam diri di dalam kelaspun beliau umpan dengan pertanyaan-pertanyaan ataupun diminta untuk mengemukakan pendapatnya. Sehingga mahiswa di kelas kami menjadi mau tidak mau aktif dan akhirnya menjadi mahasiswa yang lumayan aktif-aktif.

2. Adapula dosen dengan cara mengajar yang luar biasa ekstreem bagi yang tidak siap dengan materi yang diajar oleh dosen tersebut. Dosen ini sering memberikan reward berupa pujian kepada mereka mahasiswa yang dianggapnya aktif tetapi juga mempunyai prestasi yang lebih di depan mahasiswa yang lain. Beliau berharap dengan umpan pujian kepada mahasiswa berprestasi ini dapat memacu semangat mahasiswa lain untuk bisa terpengaruh dan memiliki semangat belajar yang lebih besar lagi. Tetapi beliau juga sering memberikan punishment kepada mahasiswa yang mangkir atau yang tidak bisa mengikuti perkuliahannya dan bahkan malah seenaknya sendiri, pasti akan mendapatkan umpatan kata-kata yang tidak enak dari dosen ini. Dengan harrapan punisment yang beliau berikan ini dapat membuat mahasiswa yang lain jera dan tidak berbuat seenaknya sendiri. Beliau setiap perkuliahannya selalu berusaha untuk mengambil pengalaman dari kejadian-kejadian yang ada. Sehingga diperkuliahan selanjutnya beliau selalu mengalami perubahan yang mengarah ke hal yang lebih baik. Misalnya: ketika beliau tahu bahwa mahasiswanya tidak begitu faham dengan kata-kata intelektualnya beliau berusaha untuk mengubah perbincangannya dengan kata-kata yang mudah untuk dimengerti mahasiswanya. Dalam perkuliahannya beliau selalu berusaha menggunakan bahasa Inggris sebagai pengenalan bahasa Internasional walaupun beliau juga faham bahwa mahasiswanya tidak akan paham dengan apa yang diterangkan tersebut akhirnya beliau mengambil jalan tengah dengan cara menampilkan slide dengan bahasa Inggris tetapi dalam penjelasannya beliau menggunakan bahasa Indonesia. Setelah perkuliahannya beliau selalu berusaha untuk berbincang-bincang dengan mahasiswa yang dia anggap dapat membawa suatu perubahan. Dia berusaha untuk terus memberikan motivasi-motivasi agar mahasiswa tersebut selalu tampil prima dan tetap menjadi yang terbaik yang akhirnya akan mempengaruhi kepada mahasiswa yang lainnya.  Beliau juga menerapkan disiplin tinggi kepada mahasiswanya.

3.Adapula dosen yang dalam mengajar selalu menerapkan “student learning center” artinya beliau lebih menekankan bahwa yang memberikan penjelasan terlalu banyak ditekankan kepada mahasiswa. Sehingga dosen hanya mempunyai kewajiban untuk membimbing dan mengarahkannya saja. Kemungkinan ketika penjelasan dari mahasiswa itu melenceng atau ketika mahasiswanya  terlalu jenuh dengan perkuliahannya. Untuk pertama masuk perkuliahan beliau melemparkan pertanyaan-pertanyaan dan siapa yang dapat menjawab maka akan mendapatkan point yang memacu mahasiswa untuk belajar terlebih dahulu sebelum perkuliahannya.. Dan bagi siapa mahasiswa yang  belajar lebih banyak, sehingga dapat menjawab banyak pertanyaan dari dosen itu kemudian di akhir minggu perkuliahan dapat melewati ujian presentasi maka mahasiswa tersebut tidak ikut UAS dan sudah mendapatkan jaminan nilai A.

Demikianlah semoga dapat diambil manfaatnya.

 

One comment on “

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: