Riset Pemasaran Global

Published June 20, 2013 by Liza Nurrohmah

RISET DAN PEMASARAN INTERNASIONAL

            Pemasaran dalam bisnis internasional sagat kompleks daripada pemasaran domestic. Perbedaan sosial, bahasa, politik, peraturan, dll perlu dipelajari dengan seksama kemudian dijadikan sebagai landasan kebijakan strategi pemasaran.  Pemahaman tentang lingkungan bsnis internasional seharusnya didasarkan pada penilitian yang dilakukan yang menyangkut produk, rencana pemassaran, strategi pemasaran.  Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi problem pemasaran.  Macam data yang diperlukan dalam penelitian pemasaran:

  1. Data sekunder

Data yang dikumpulkan pleh pihak lain(BPS, Dep perindustrian, IMF) data ini teralive lebih murah dan mudah untuk mendapatkannya.

  1. Data primer

Data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti, karenanya cara mendapatkannya data tersebut membutuhkan biaya yang mahal, mamakai waktu lama, kadang hasilnya sulit dikomparasi.  Data ini biasanya digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan yang bersifat taktis dan spesifik.

Ada bermacam macam informasiyang dibutuhkan dalam pemasaran internasional yaitu:

  1. Macro live information ( lingkungan fisik, lingkungan politik, lingkungan ekonomi)
  2. Market information ( kemungkinan masuk, karakteristik pasar)
  3. Micro level information ( sales forcasting, informasi biaya, informasi manajeman)

Manfaat sistem informasi

  1. Manajeman dapat memonitor perubahan yang terjadi pada pasar pasar yang bebeda.
  2. Manajeman dapat memonitor perusahaan itu sendiri dalam pasar internasional.

Analisis  kekuatan kompetitif:

  1. Dari dalam perusahaan
  2. Bahan bahan publikasi
  3. Para pemasok / pelanggan
  4. Karyawan para pesaing
  5. Observasi langsung

Pemasaran internasional

Fungsi manajeman yang dianggap tulang punggung perusahaan adalah pemasaran. Tidak akan ada artinya Sebaik apapun produk yang dihasilkan perusahaan tetapi jika diimbangi oleh kemampuan perusahaan tersebut didalam memasarkan produknya.  Untuk mamasuki pasar internasional sebuah produk dapat diperlukan dengan dilakukan modifikasi yang tergantung pada beberapa faktor yaitu Jenis produk itu sendiri, biaya, dan peraturan dari negara yang dituju.

 

Standarisasi produk

Yaitu produk dengan sangat sedikit atau tanpa modifikasi sama sekali, biasanya untuk barang-barang yang memang perlu distandarisasi seperti alat-alat kesahatan atau alat alat labotaorium dll.

Diferensiasi produk

Beberapa jenis barang perlu dilakukan diferensiasi pasar agar perusahaan dapat menigkatkan keuntungan. Modifikasi produk adalah salah satun bentuk diferensiasi, dan deferensiasi  merupakan salah satu segmentasi pasar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk melakukan diferensiasi produk yaitu jenis produk, kondidi dan kompetensi yang ada dipasar, kebutuhan fisik, infrastruktur, product life style, legal requirement, cost benafit analysis.

Segemantasi pasar

Beberapa negara dapat dibagai dalam beberapa segmen denagn dasar tertentu seperti factor demografi, tingkat pendapatan, agama, kebiasaan konsumsi, dll.

Merek dan kemasan

Merek dapat distandarisaitetapi dapat juga disesuaikan dngan kondisi negara tertentu sehingga untuk produk yang sama mereknya akan berbeda di negara lain.

Strategi produk

Produk adalah fokus sentar bauran pemasaran. Jika sebuah produk tidak berhasil memuaskan konsumen, apaun upaya memasarkan yang dilakukan oleh produsen tidak akan berhasil.  Dalam merumuskan strategi produk para manajer pemasaran internasional harus ingat bahwa produk adalah lebih dari sekedar obyek fisik, tetapi mencangkup juga merek, aksesoris, layanan purna jual, jaminan, pentujuk pmakaian, cita perusahaan dan kemasan.

Jenis produk

Klasifikasi produk adalah jenis produk industrial atau produk konsumen, ang memenuhi kebutuhan pasar dunia pada umuamnya produk industrial tidak terlalu mermerlukan banyak penyesuaian, hal tesebut berbeda dengan produk konsumen.

PENGARUH KEKUATAN LINGKUNGAN LUAR NEGERI TERHADAP STRATEGI PRODUK

Kekuatan sosial budaya

Adanya perbedaan sosial budaya yang sangat mencolok mengharuskan perubahan-perubahan produk makanan barang konsumsi lain (Mc donald mengubah burgernya dengan daging ayam ketika memasarkan produknya ke india).

Kekuatan hukum

Kekuatan hukum menjadi sesuatau yang sangat penting dalam medisain produk suoaya persuashaan dapat memasarkan produknya dinegara tersebut (peraturan tentang polusi ,perlindungan konsumen)

Kekuatan ekonomi

Adanay pebedaan pendapat antara negara-negara di dunia menyebabkan perusahaan harus menyesuaiakan produknya dengan daya beli yang akan dituju.

Kekuatan fisik

Kekuatan fisik berupa iklim, kondisi alam, suhu udara dll, angat perhataikan oleh manajer produksi.

Strategi promosi

Terdapat enam sstrategi berbeda yang dapat dipilih perusahaan yaitu:

  • Produk sama-pesan sama
  • Produk sama-pesan beda
  • Adaptasi  produk-pesan sama
  • Adaptasi produk-adaptasi pesan
  • Produk berbeda-pesan sama
  • Produk berbeda untuk pemaikaian yang sama -pesan berbeda

STRATEGI PENETAPAN HARGA

            Suatu barang bisa jadi dipasarkan dengan harga tinggi di suatu neraga tertentu dan dipasarkan dengan harga yang relative rendah di negara lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan harga:

  • Perbedaan biaya yang haris dikeluarkan perusahaan di negara sasaran.
  • Konsisi persaingan
  • Produk yang dipasarkan tersebut berbeda dalam tahapan daur hidup yang mana
  • Para Pemerintah setempat dalam pengendalian harga

STRATEGI DISTRIBUSI

            Eputusan perusahaan adalah akan memasarkan secara langsung atau tidak langsung . ada beberapa faktor yang mempengaruhi strategi distribusi yakni:

  • Karakteristik pasar
  • Karakteristik produk
  • Karakteristik perusahaan
  • Karakteristik perantara
  • Persayaratan hukum

 

MANAJEMAN SDM DALAM BISNIS INTERNASIOANAL

 

Pergerakan sumberdaya manusia internasioanal

Secara keseluruhan perpindahan SDM antara negara cenderung mengandung lebih bayak masalah dan kesukaran politis apabila dibandingkan dengan perpindahan barang dan jasa.  Oleh karenanya perpindahan SDM dengan sendirinya juga cenderung menghadapi kendala besar.  Ada beberapa motif orang melakukan migrasi, secara garis besar ada dua motif:

  • Motif ekonomi yakni tujuan utma melaukan migrasi karena ingian meningkatkan taraf kesejahteraab ekonomi
  • Motif non ekonomi, karena bencana didaerah asal misalnya.

Adanya migrasi terutama pada jenis pertama berdampak pada:

  • Penyaamaan tingka
  • Menigkatkan output dunia secara keseluruhan
  • Braindrain

FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MNC

            Sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting bagi MNC, karyawan MNC memiliki peran untuk mengembangkan dan tetap menjaga keunggulan spesifik perusahaan dalam bidang pemasaran, litbang dan keuangan.  Sumber daya manusia sebagai bagian dari MNC merupakan komponen vital dalam penerapan strategi.  Manajeman SDM adalah tanggung jawab bersama diantara manajer perusahaan.  Kondisi tenaga kerja dan perkembangannya yang berbeda antara berbagai negara mengharusakan perusahaan multinasioanal mampu melakukan penyesuaian dengan kondisi setempat. PHK dimungkinkan antara lain karena

  • peindahan produksi ke luar negeri dan
  •  kondisi dimana produk atau penjualan kurang dapat bersaing sehingga memaksa perusahaan untuk menurunkan produksi

selain masalah diatas , masalah lain yang muncul adalah berkitan dengan susunan kepegaiwaian.  Bagi perusahaan mulinasioanal mereka menghadapi masalah dalam mencari manajer-manajer yang baik untuk operasi merelka di luar negeri.  Orang yang dicarai adalah oarang yang bicultural dengan pengetahuan praktek bisnis di negara asal ditambah degan pemahaman praktek bisnis dan adat istiadat negara tuan rumah.

SUMBER-SUMBER MANAJER

Manajer dapat berasal dari nrgara asal, negara tuan rumah, dan negara-negara lain.  Ada beberapa alasan kenapa mengambil manajer yang berasal dari negara asal yaitu:

  • Tidak adanya warga megara tuan rumah yang cocok
  • Untuk melaih dan memperluas pengalaman bagi mereka yang akan menjadi manajer tingkat tinggi di kator pusat
  • Sebagai wakil dari kantor pusat untuk dapat mnjelasakan kebijakan-kebijakna dan prosedur kantaor pusat karean akadanag perusahaan harus mengambial kebijakan yang akan tidak popoler bagi pemerintah tuan rumah

Aslan mengbil manajer yang berasal dari negara tuan rumah:

  • Manjajer yang berasa dari negara tuan rumah lebih menganal adat istiadat, buada dan bahasa stempat
  • Dalam hal tetentu mereka bisa digaji lebih rendah dari mnajer negara asal
  • Adanya aturan pemerintah stempat yag mengharuskan MNC untuk mnggunakan bayak tenaga kerja stempat

Penggunaan tenaga kerja setempat dapat menimbukkan permaalahan:

  • Mereka saling tidak akrab dengan negara sal perusahaan dengan kebijakan-kebijakannya serta dengan praktek-prakteknya
  • Adanya perbedaan nilai dan sikap yang dianuat manajer stempat sering tidak disenangi oleh kantor pusat
  • Kemingkinana pembajakan dari tenaga kerja yang sudah terlatih oleh perusahaan-perusahaan lokal atau anak perusahaan internasional yang lain
  • Adanya konflik loyalitas dari manajer yang berasal dari negara tuan rumah tersebut.

SELEKSI DAN PELATIHAN

            Pelatihan yang dapat diberikan pada pekerja yang bersasal dari negara asal dapat dilakukan dengan mula-mula menempatkan tenaga tersebut pada devisi devisi internasioanal di kantor pusat dimna mereka menangani masalah-masalah yang dihadapi oleh afiliasi di luar negeri.  Selanjutnya jika pekerja tersebut dianggap telah mampu meka keterampilan selanjutanya yang diperlukan adalah kemapuan bahasa negara yang dituju.

FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN SDM

            MNC menghadapi sekumpulan faktor lingkungan eksternal dalam opersai internasioanalnya yang hal tersebuat berdampak pada pnegelolaan SDM. Faktor tersebut meliputi keterampilan, sikap dan motivasi personalia dalam negara diantara MNC tersebut berada.selain itu juaga faktor kebijakan pemerintah tentang ketenaga kerjaan, srikat kerja, pertimbangan etika, interaksi dengan bisnis, pemerintah dll, menyebabkan biaya dapat pula menjadi kekuatan bagi MNC.  Strateg generik dalam manajeman SDM dalam mengahdapai keragaman lingkunag ekternal perusahaan:

  • MNC dapat mengguanakan prosedur dan teknik yang sama di semua negara
  • Mendesentralisaskiakb fungsi SDM berdasarkan negara untuk menyesauaikan SDM di setiap negara degan lingkuan eksternal lokal
  • Mengelila SDM atas dasar global dengan jalan mengharmonisasi keseluruhan SDM

Ada beberapa faktor intrnal MNC yang berakiatan deanag SDM:

  • Struktur organisasi
  • Sistem penilaian
  • Pengendalian
  • Penghargaan
  • Gaya manajeman
  • Falsafah perusahaaan
  • Strategi bisnis

Sebuah MNC memilih struktur organisasi maka harus dirancanga sisitem penilaian , pengendalian dan kompensasi yang dipakai agar erusahaan dapat beropersai secara efisien.  Dalam hal penunjukan staf dan pengembangan staf juga harus disesuaiakan dengan struktur organisasi . sebuah MNC juga harus memperhatikan bahwa terdapat keterkaitan antara strategi yang diambil sebuah perusahaan dengan struktur organisasi yang dipakai.  Terdapat struktur oranisasi lini produk, struktur organisasi berdasarkan bangsa, da struktur oranisasi matrix

Salah satu struktur orgasisai berdasarkan lini produk adalah terlaksananya skala ekonomi secara penuh. Sedangkan kelamahannya adalah tanggung jawab untuk operasi internaisonal biaanya harus diberikan kepada manajer dengan keahlian produk walaupaun manajer tersebut tidak cukup memiliki pengalaman inrtnasional.  Sedangkan oraganisai wialayah  memungkinkan MNC memperkecil resikop politik negara tuan rumah dengan memeberikan respon terhadap kepentingan lokal.  Keberhasilan matrik tergantung pada kemampuan mereka yang digunakan uantuak memberikan dan mendapatkan petunjuak tetenag bidanga produk dan fungsi. Ada keuntunagn dari kebijakan etnosentis yang emngguanakan teanaga kerja waraga negaranay sendirai , keuntunagan tersebuat adalah dilikinya nilaia keuntuangab spesifikasi perusahaan yang cukup tinggi hal itu karena warga negara sendiri meimiliki oprientasi yang lebih tinggi pada perusahaan imduk. Dan keunggulan penempatan yang staf  polisentris aalah waraga negara tuan rumah lebih mengenal lingkungan tuan rumah , mengurangai masalah perbedaan budaya dan kemungkianan kecurigaan rasial. Sedangkan penempatan geosentris adalah bahwa karyawan yang dipiliah dalah orang yang terbaiak untuk pekerjaanyang bersangkuatan tanpa memandang kebangsaan.

Liza Nurrohmah

Rochyati Murniningsih, SE, M.Si.(Dosen Jurusan Managemen Ekonomi FE UMMagelang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: